Portofolio Kehidupan

Setiap orang pasti melakukan aktivitas dalam hidupnya. Ada pekerjaan kelompok dan ada pula pekerjaan individu. Namun apapun bentuknya, kan diri sendiri lah yang melakukan, meski bersama-sama dengan orang lain jika itu kerja tim. Nah, pernahkah kalian mengalami pekerjaan yang seharusnya dilakukan secara gotong royong, tetapi kalian merasa hanya diri kalianlah yang bekerja keras? Kalian merasa bekerja maksimal, totalitas, sedangkan yang lain hanya membantu sekenanya, atau malah hanya menonton dari jauh. Pernah?

Ketika mengalami hal yang demikian, sikap apa yang selanjutnya muncul pada diri kalian? menyerah, meninggalkan pekerjaan yang belum selesai, atau tetap melakukannya hingga tuntas?

Ketahuilah, kalian mampu dan kuat melaksanakan pekerjaan itu karena kalian dimampukan dan dikuatkan. Setiap yang kalian lakukan akan menjadi portofolio dalam kehidupan. Maka kontrak kerja kalian yang sesungguhnya adalah bukan kepada orang-orang. Pujian, kompensasi, dan pengakuan adalah bonus kecil yang menjadi selingan, penghibur dikala penat. Selamat membuat portofolio sebaik-baiknya.

Salam,
Agus Tri Yuniawan